RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester : X/2
Materi pokok : Teks pemberitahuan (announcement) lisan dan tulis sederhana.
Alokasi waktu : 4 x 45 menit
- A. Kompetensi Inti (KI)
- Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
- Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
- Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
- Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi dasar dan indicator pencapaian kompetensi:
3.7. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemberitahuan (announcement), sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.11. Menangkap makna pemberitahuan (announcement).
4.12. Menyusun teks tulis pemberitahuan (announcement), sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Pertemuan 1
3.7.1. Mengidentifikasi gambaran umum, informasi tertentu dan rinci dari teks pemberitahuan (announcement) sederhana dengan penuh percaya diri dan bertanggung jawab.
3.7.2. Mengurai gambaran umum dan informasi tertentu dari teks pemberitahuan (announcement) dengan penuh percaya diri dan bertanggung jawab.
4.11.1.Mendeteksi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemberitahuan (announcement) sederhana.
4.11.2.Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks pemberitahuan (announcement) sederhana
Pertemuan 2
4.12.1.Menyunting teks pemberitahuan (announcement) sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.12.2.Menyunting teks pemberitahuan (announcement)dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.12.2.Menyusun teks pemberitahuan (announcement) dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
C. Tujuan pembelajaran :
Pertemuan 1
Melalui proses membaca, menonton, menanya, mencoba, dan menalar peserta didik mampu, menganalisis dan menangkap makna teks pemberitahuan (announcement) dengan percaya diri, jujur dan bertanggung-jawab.
Pertemuan 2
Melalui proses membaca, menonton, menanya, mencoba, dan menalar peserta didik mampu menyunting dan menyusun teks pemberitahuan (announcement) dengan percaya diri, jujur dan bertanggung-jawab.
- D. Materi Pembelajaran
Sense 1: Formal public statement
Kinds: Edict
Promulgation
Sense 2: A public statement about something that is happening or going to happen.
Kinds:
- program
- Obituary
- Notice
- Banns
- Advisory
Example:
English Competition Results
- Aysha Mareta : 1 st winner Written Test(IX.4)
- Jane Serafin : 3 rd winner Written Test(IX.4)
- Samanhudi : 1 st winner Written Test(VIII.3)
- Prima Aji : 1 st winner Speech(VIII.3)
- Argia Pandu: 2 nd winner Speech(VIII.3)
- Silvia Rahmawati (VIII.3), Anggit R. (VIII.3) and Stevan Derby (VIII.3): 1 st winner English Wall Magazine
Ms. Mirda
- Who is the announcement for?
- Where is the announcement?
- What kinds the competitions that does Argia join?
- Why do they should consult with ms. Ririn?
- When they can meet Ms. Mirda?
- E. Metode Pembelajaran; TBL
- F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran:
- Media : VCD dan Power Point Presentation
- Alat : Laptop, LCD, dan Speaker Active
- Sumber Belajar : www.englishindo.com, http://www.britishcouncil.org
G.Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan 1
- Kegiatan Pendahuluan
- menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
- memberi motivasi belajar
- mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari:
- menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
- Kegiatan Inti
- Siswa membaca beberapa teks pemberitahuan sederhana kegiatan/kejadian/peristiwa yang terdapat dalam buku teks (Developing English)dalam kelompok 4 orang kemudian masing-masing anggota kelompok membacakan teks pemberitahuan (announcement ) dibacanya. (Siswa melakukan proses ini berdasarkan panduan yang disiapkan guru)
- Siswa menirukan contoh pengucapan kalimat-kalimat dalam teks pemberitahuan tersebut dengan bimbingan guru.
- Siswa belajar menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks pemberitahuan yang dibaca.
Menanya
- Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks pemberitahuan yang ada dalam bahasa Inggris terutama tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.
- Siswa mempertanyakan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu dari teks pemberitahuan.
- Siswa melaporkan hasil diskusi kelompok pada tahap mengamati dan ditanggapi oleh kelompok lain
- Siswa secara kelompok membacakan teks pemberitahuan berupa sebuah pengumuman sudah dibawa dengan pengucapan, tekanan kata dan intonasi yang tepat
- Siswa berpasangan menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu serta fungsi sosial dari teks pemberitahuan sederhana yang dibaca/didengar.
- Dalam kerja kelompok terbimbing siswa menganalisis dengan membandingkan berbagai teks pemberitahuan dengan fokus pada fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.
- Siswa mengelompokkan teks pemberitahuan sederhana sesuai dengan fungsi sosialnya.
- Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.
- Menyampaikan hasil kerja kelompok tentang kegiatan/kejadian/peristiwa sesuai dengan panduan yang disiapkan guru.
- Penutup
- memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
- melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual
- menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
Pertemuan 2
- Kegiatan Pendahuluan
- menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
- memberi motivasi belajar
- mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari:
- menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
b. Kegiatan Inti
Mengamati
- Siswa membaca beberapa teks pemberitahuan sederhana kegiatan/kejadian/peristiwa hasil suntingan teman dalam kelompok 4 orang kemudian masing-masing anggota kelompok membacakannya
- Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar berbagai teks pemberitahuan sederhana yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia terutama tentang fungsi social, struktur teks, dan unsur kebahasaan
- Siswa berpasangan menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi tertentu serta fungsi sosial dari teks pemberitahuan sederhana yang dibaca/didengar.
- Dalam kerja kelompok terbimbing siswa menganalisis dengan membandingkan teks pemberitahuan yang disusun oleh teman anggota kelompok dengan fokus pada fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan.
- Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.
- Berkelompok, siswa menyunting dan menyusun teks pemberitahuan sederhana tentang kegiatan/kejadian/peristiwa sesuai dengan fungsi sosial tujuan, struktur dan unsur kebahasaannya
- Siswa menyampaikan teks pemberitahuan sederhananya didepan guru dan teman dan mempublikasikannya di mading.
- Penutup
- memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
- For all of you, thank you very much for your participation. Good job, I like your performance today. Almost all of active. I hope next time all of you have to be active in the class. Okay? Now as ususal Please write your feeling, your problem and your success during my class in your journal,
- Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk memuji dalam jurnal belajar (learning journal).
- melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas individual
- menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
- G. Penilaian hasil pembelajaran
- Pencapaian fungsi sosial
- Kelengkapan dan keruntutan struktur teks pemberitahunan (announcement )
- Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
- Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
- Melakukan monolog tentang teks pemberitahunan (announcement ) sederhana peristiwa di depan kelas
- Ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan dalam membuat teks teks pemberitahunan (announcement )
Speaking Rubric
Apprentice
|
Basic
|
Learned
|
Exemplary
|
|
Menentukan gambaran umum, informasi tertentu/tersurat, dan rujukan kata dari teks pemberitahuan sederhana
observasi:
Lembar Pengamatan Sikap Peserta didik
No |
Indikator Sikap. Nama Peserta didik. |
Bertanggung jawab | Jujur | Santun dalam berkumunikasi | Percaya diri | Kedisiplinan dalam tugas | Nilai rata-rata (kualitatif/huruf). |
1
|
|
||||||
2
|
|
||||||
3
|
|
||||||
4
|
|
Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d. 5
1 = Sangat Kurang 3 = Cukup 5 = Amat Baik
2 = Kurang 4 = Baik
PORTOFOLIO
Rubriks Portofolio (Format 1)
Nama Siswa : ________________________________________
Kelas : _______________________________________
Guru : ________________________________________
NO
|
Kreteria Aspek |
SB
|
B
|
C
|
K
|
1.
|
Ada kumpulan catatan kemajuan belajar | 5 kreteria terpenuhi | 4 Kreteria terpenuhi | 3 Kreteria terpenuhi | ≤ 2 kreteria terpenuh |
2.
|
Ada rekaman teks pemberitahuan sederhana | ||||
3.
|
Ada kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan teks pemberitahuan sederhana berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi | ||||
4.
|
Ada kumpulan hasil tes dan latihan. | ||||
5.
|
Ada catatan penilaian diri dan penilaian sejawat |
Format 2
KRITERIA
|
TERBATAS
|
MEMUASKAN
|
MAHIR
|
Melakukan Observasi | Tidak Jelas Pelaksanaannya | Beberapa Kegiatan Jelas dan Rinci | Semua Jelas dan Rinci |
Role Play | Membaca script, kosa kata terbatas, dan tidak lancar | Lancar dan kosa kata dan kalimat berkembang, serta ada transisi | Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai |
Menyunting Teks | Penggunaan kata, kalimat, dan struktur tidak sesuai | Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat | Fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat serta ada modifikasi |
Penilaian Diri
Bentuk: jurnal belajar
Contoh Format:
My Learning Journal Name: |
A summary of what I have covered: |
Things I am still not sure of: |
What do I need to do to overcome these uncertainties? |
Things I have learned successful today: |
Penilaian Sejawat
Berupa komentar atau daftar cek
Colomadu, 20 Juli 2013
Mengetahui:Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. Sukarni, M.Hum ……………………………………..
NIP. 19580804 198302 1 006
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP ………..
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII/1
Materi
Pokok : Teks lisan
menyebutkan dan menanyakan nama hari,
bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun
Alokasi Waktu : 1 x 40 menit
A.
Kompetensi Inti
KI 1:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
KI 4: Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1. KOMPETENSI DASAR:
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa
pengantar komunikasi internasional yang
diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2 Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan
guru dan teman.
3.3 Memahami fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks untuk
menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan,
nama waktu dalam hari, waktu
dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun.
Indikator: Mengidentifikasi nama hari, bulan,
waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan waktu.
4.3 Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam
bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
Indikator: Menyebutkan nama hari, bulan, waktu
dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal dan
waktu.
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN:
Siswa
berkomunikasi dalam bahasa Inggris untuk menjalin komunikasi
transaksional dengan guru, teman-temannya, dan orang-orang disekitarnya
dengan menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka,
tanggal, dan tahun
secara jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dengan menggunakan struktur teks yang runtut
dan unsur kebahasaan yang benar
D.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
DAYS
a. Nama-nama
hari
b. Penggunaan ‘before’ and ‘after’
1. After Sunday is Monday
2. Tuesday is after
Monday
3. Friday is before Saturday
4. Before
Thursday is Wednesday
c. Activity dalam bentuk pertanyaan
1. What is the day before
Saturday? It is Friday
2. What day comes before
Thursday? Before Thursday is
Wednesday
3. What is the day after
Sunday? After Sunday is Monday
4. What day comes after
Monday? It is Tuesday
2. MONTHS
a.
Nama bulan
b.
Penggunaan ‘before’ and
‘after’
1. After January is February
2. July
is after June
3.
April is before
May
4.
Before
December is November
c.
Activity dalam bentuk
pertanyaan
1.
What is the month after January? After January is February
2.
What month comes after June? It is July
3. What is the
month before May? It is April
4.
What month comes before May? Before May is April
E. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific Approach
Strategi : pengamatan,
pemodelan, kerja
berpasangan/ kelompok, mempraktekkan
F. MEDIA DAN SUMBER
PEMBELAJARAN:
Media: Video, gambar, LCD, dan Laptop
Sumber: “When English Rings the Bell”
G. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 (2x40 menit)
1.
Pendahuluan
a. Guru mengecek kesiapan siswa belajar
baik secara fisik maupun psikologis.
b. Guru menanyakan pengalaman siswa
dalam berbahasa Inggris;
c. Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
d. Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan
siswa untuk menyelesaikan latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran.
2.
Kegiatan Inti
Mengamati
(Observing)
·
Siswa
menyimak tayangan video dan gambar
tentang nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka,
tanggal, dan tahun.
Tahapan:
·
Siswa
menemukan nama hari dan nama bulan
·
Siswa
menirukan pengucapan nama hari dan nama bulan
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa menggunakan nama
hari, dan nama bulan, ke dalam kalimat (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan
(Questioning)
·
Siswa
membuat pertanyaan berkaitan dengan video yang disimak
·
Guru
menyampaikan pertanyaan penuntun (leading
question) untuk membangkitkan rasa ingin tahu siswa tentang penggunaan nama-nama hari dan bulan secara kontekstual.
Mengeksplorasi
·
Siswa menyebutkan dan menanyakan nama hari dan nama bulan
dalam konteks role-play.
·
Siswa berusaha menyebutkan dan menanyakan nama hari dan nama bulan
dalam bahasa Inggris pada proses pembelajaran
Mengasosiasi
·
Siswa membandingkan antara
menyebutkan dan menanyakan nama hari dan nama bulan dalam bahasa ibu atau bahasa
Indonesia.
Mengkomunikasikan
·
Siswa
menggunakan nama hari dan nama
bulan sudah dipelajari
secara wajar setiap bertemu dengan guru dan teman dalam kegiatan sehari-hari di dalam dan di luar kelas.
·
Siswa
melakukan evaluasi diri dengan menulis kendala-kendala dan hal-hal yang telah
dikuasai dalam reflektif journal.
3.
Penutup
·
Guru bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran,
·
Melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram,
·
Memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran,
·
Memberikan tugas, baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik,
·
Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. PENILAIAN HASIL
PEMBELAJARAN
1. Tehnik Penilaian Sikap : Non test berupa pengamatan
langsung
2. Pengetahuan
: Cloze test
3. Keterampilan : Unjuk kerja (performance)
Kemampuan Berbicara (Speaking Skill)
|
|||
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Kriteria
|
Score
|
1
|
Pengucapan (Pronounciation)
|
Hampir
sempurna
|
5
|
Ada beberapa
kesalahan namun tidak mengganggu makna
|
4
|
||
Ada beberapa
kesalahan dan mengganggu makna
|
3
|
||
Banyak
kesalahan dan mengganggu makna
|
2
|
||
Terlalu banyak
kesalahan dan mengganggu makna
|
1
|
||
2
|
Intonasi (Intonation)
|
Hampir
sempurna
|
5
|
Ada beberapa
kesalahan namun tidak mengganggu makna
|
4
|
||
Ada beberapa
kesalahan dan mengganggu makna
|
3
|
||
Banyak
kesalahan dan mengganggu makna
|
2
|
||
Terlalu banyak
kesalahan dan mengganggu makna
|
1
|
||
3
|
Kelancaran (Fluency)
|
Sangat lancar
|
5
|
Lancar
|
4
|
||
Cukup lancar
|
3
|
||
Kurang lancar
|
2
|
||
Tidak lancar
|
1
|
||
4
|
Ketelitian (Accuracy)
|
Sangat teliti
|
5
|
Teliti
|
4
|
||
Cukup teliti
|
3
|
||
Kurang teliti
|
2
|
||
Tidak teliti
|
1
|
||
Jakarta, 8 September
2013
Guru Mata Pelajaran
……………………………
LAMPIRAN
WORK TIME
1. A. Days of the
week
Listen and repeat after your teacher.
1. Sunday
2. Monday
3. Tuesday
4. Wednesday
5. Thursday
6. Friday
7. Saturday
Work in pairs
1.
A : What day comes after Tuesday?
B :
_____________________________
2.
A : What days come after Thursday?
B :
_____________________________
3.
A : What day comes after Saturday?
B :
_____________________________
4.
A : What days are school days?
B :
______________________________
5.
A : What days are not school days?
B : ______________________________
2.A. Do it like the examples.
Examples:
a. What month is it now?
Now it is October.
b. What is the month before October?
Before October is
September.
Work in pairs
1.
A : What
month is it now?
B : _________________________
2.
A : What
is the month after January?
B : _________________________
3.
A : What
is the month before June?
B : ___________________________
4.
A : What
month comes after August?
B : ___________________________
5.
A : What
month comes before November?
B : ___________________________
HOME PROJECT
Students
make short play about days
and months in group of 3
Key Answers
1.
Days of the week
2. Wednesday
3. Friday
4. Sunday
5. Monday, Tuesday, Wednesday,
Thursday, and Friday
6. Saturday and Sunday
2.
A. Do it like the examples.
1. Now it is July
2. After January is February
3. Before June is May
4. After August is July
5. Before November is Oktober
0 komentar:
Posting Komentar